Senin, 27 Januari 2014

SOFTWARE AKUNTANSI YANG ADA DI INDONESIA



SOFTWARE AKUNTANSI YANG ADA DI INDONESIA

Di zaman serba komputer ini tersedia software khusus untuk membantu neraca keuangan anda, yaitu software akuntasi. Kegunaannya cukup luas selain untuk membuat neraca, juga untuk mendokumentasikan berbagai data keuangan. Tentu menyimpan dokumen keuangan di komputer jauh lebih mudah dibandingkan harus membawa buku tebal kemana-mana. Selain itu, dengan mengerjakan neraca di komputer akan mudah di copy tanpa menulis berulang kali. Pembenaran atas kesalahan yang tidak sengaja dilakukan pun juga lebih mudah. Berikut ini beberapa software akuntansi yang ada di Indonesia: 

Zahir

Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT Senayan Abadi. Dalam promosinya, Zahir accounting dikatakan sebagai software yang dirancang untuk UKM. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu akuntansi. Zahir Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok barang, laba rugi, utang piutang, dan analisis data. Software ini sangat membantu pengusaha untuk mengambil keputusan.
Zahir Accounting cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan ekspor impor, minimarket, supermarket, toko, penerbitan, restoran, dan manufaktur.
Dalam hal kesesuaian dengan proses bisnis UKM di Indonesia, Zahir Accounting sudah aplikatif untuk digunakan. Dalam fitur dan operasi prosedurnya memang sengaja diperuntukkan bagi proses bisnis di Indonesia.
Zahir accounting telah memenuhi kebutuhan bagi UKM terkait pengelolaan pelanggan, dimana dalam fiturnya tersedia database client server. Hal ini menjadi sangat penting bagi UKM yang sangat menghendaki adanya system pengelolaan pelanggan yang baik dan aman.
Dalam hal kepentingan perpajakan, Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di Indonesia.
Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.
Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
Dalam hal harga Zahir dipasarkan pada harga Rp 1 juta sampai dengan Rp 15 juta. Merupakan harga yang cukup murah dibanding software UKM yang beredar di luar negeri.

MYOB

Software buatan luar negeri yang juga digunakan di Indonesia ini memiliki beberapa kekurangan; tidak bisa dimodifikasi sehingga terkesan kaku dan kurang fleksibel, tidak dilengkapi dengan aturan perpajakan Indonesia sehingga harus melakukannya di luar software bila memang dibutuhkan. Kelebihan yang dimiliki software ini adalah mudah digunakan, tidak perlu pengetahuan akuntansi dan IT tingkat tinggi, pengelompokan data, serta murah.

Omega Accounting

Software ini mudah dan ringan serta mendukung segala keperluan wirausaha anda seperti penjualan, distribusi, pembelian, membuat manajemen serta produksi. Software ini membuat pekerjaan para pengusaha dan akuntan menjadi lebih ringan. Keunggulan lainnya adalah software ini didukung teknologi enkripsi lintas nusa yang dapat menghubungkan data akutansi dari berbagai wilayah nusantara.

Microsoft office accounting express (MOAE)

Keunggulan dari software ini adalah laporan bisa dikerjakan oleh siapapun tanpa pengetahuan akuntansi yang mendalam. Cukup dengan memasukkan fraktur, cek, atau nota saja sudah dapat keluar laporan sendiri. Selain itu, MOAE juga menyediakan fasilitas untuk data klien. Sayangnya, software ini tidak menyediakan layanan perpajakan yang ada di Indonesia sehingga pengguna terkadang merasa kesulitan. Namun sangat disayangkan

Accurate Accounting

Software yang satu ini cocok untuk pemilik UKM karena sangat mudah dan praktis. Standart akutansinya juga bersifat local seperti yang ada di Indonesia sehingga mudah dalam mengerjakan. Nilai transaksinya sangat luas hingga 920 trilliun. Sayangnya harga accurate accounting tergolong mahal dibandingkan dengan software yang lainnya.

Dac Easy Accounting
Dac Easy secara aplikatifnya bisa memenuhi kebutuhan untuk UKM terkait tersedia fitur pengelolaan pelanggan. Transaksi dengan volume yang besar pun bisa tercover oleh software ini. Pengoperasiannya juga cukup mudah dipahami dan juga kemudahan dalam menghasilkan laporan keuangan. Namun jika dibandingkan dengan software lokal seperti Zahir dan Accurate dengan tak kalah kekuatan fiturnya, masalah harga dari Dac Easy Accounting ini akan membuat software ini tidak menjadi pilihan favorite untuk bisis UKM. Disamping itu, lagi-lagi kendala masalah perpajakan juga membuatnya kurang favorite.



Sumber:
http://bangbiw.com/macam-macam-software-akuntasi/
http://hidayatjundullah.wordpress.com/2010/05/03/perbandingan-software-akuntansi-buat-ukm-di-indonesia/

1 komentar:

  1. Silahkan kunjungi halaman berikut: http://softwareakuntansigratis.com

    Software akuntansi yg kami berikan memiliki Fitur :
    * Purchase Orders
    * Goods Receivable Notes
    * Supplier Invoices/Credit Notes
    * Payments
    * Allocations
    * Accounts Payable
    * Items and Inventory
    * Stock
    * Manufacturing
    * Sales Orders
    * Customer Invoices/Credit Notes
    * Deposits
    * Allocations
    * Accounts Receivable
    * Dimensions
    * General Ledger with Budget
    * Languages
    * Currencies
    * Several Companies

    BalasHapus