Sabtu, 30 Juni 2012

PENJELASAN 5 MACAM WEB BROWSER

Web browser adalah program yang digunakan untuk melihat dokumen HTML pada Internet. Ia bisa dibilang jendela untuk informasi yang tersedia di Internet. Terdapat macam-macam browser yang kini tersedia, pada Maret 2011 Microsoft Internet Explorer adalah browser yang paling populer, diikuti oleh Firefox, Chrome, Safari dan Opera. Beberapa browser ini juga memiliki versi mobile.
Namun ada hal-hal kecil yang membedakan macam-macam browser ini antara satu dengan yang lainnya. Beberapa orang cenderung akan memilih browser untuk alasan estetika, seperti antarmuka yang dapat disesuaikan, sementara yang lain akan men-download browser dengan alasan kecepatan. Apapun alasannya, setiap pengguna dapat memilih browser yang sesuai bagi kebutuhannya. Berikut ini adalah macam-macam browser yang sering digunakan oleh banyak orang.
1. Internet Explorer
Internet Explorer adalah browser dari Microsoft yang hadir dengan versi pra-install pada di mana sudah tertanam secara *built-in pada komputer dengan sistem operasi Windows, sehingga kebanyakan komputer sudah memilikinya.
Kebanyakan situs dirancang dan kompatibel dengan Internet Explorer. Internet Explorer 9 merupakan versi terbaru dari browser ini, yang mana memuat banyak perbaikan performa serta akselerasi hardware. Internet Explorer 9 memiliki gabungan dari fitur search dan address bar. Internet Explorer 9 juga memiliki fitur private browsing di mana cookie tidak disimpan.

2. Firefox
Firefox, merupakan browser yang dibuat oleh Mozilla, browser ini memungkinkan pengguna untuk meng-install add-ons untuk menambah fungsionalitas browser. Sebagai contoh, pengguna dapat meng-install extensions yang secara proaktif memblokir iklan di situs. Firefox juga dapat disesuaikan dengan tema dan setting yang berbeda. Browser ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Mac dan beberapa jenis smartphone.

3. Chrome
Chrome disebut-sebut sebagai browser minimalis dengan loading halaman Web yang cepat. Chrome adalah sebuah program open source yang dibuat oleh Google. Browser ini menyediakan tab browsing yang kompatibel untuk siapa saja baik Windows, Linux maupun sistem operasi Mac.
Chrome memperkenalkan Omnibox, yang memungkinkan pengguna untuk mencari langsung dari address bar atau memasukkan alamat seperti biasa. Chrome memiliki Web store sendiri yang memungkinkan pengguna untuk meng-install add-ons Mozilla, extensions dan games. Kebanyakan dari add-ons ini gratis walaupun tidak semuanya.

4. Opera
Browser yang dibuat oleh Opera Software ini menawarkan fitur Speed Dial yang menunjukkan pengguna sembilan teratas situs favorit dalam format thumbnail-nya. Pengguna dapat menyesuaikan daftar ini setiap saat. Opera dilengkapi dengan beberapa built-in tools seperti BitTorrent client dan Really Simple Syndication reader. Opera tersedia untuk di-download oleh perangkat Windows, Linux, Mac dan beberapa sistem operasi pada smartphone.

5. Safari
Browser Safari merupakan browser pra-install dalam Mac, ia juga merupakan browser default pada produk iPad, iPhone dan iPod. Browser ini juga dapat di-install pada komputer dengan sistem operasi Windows. Safari merupakan browser minimalis dengan private browsing dan password management.


Sumber: http://portal.paseban.com/article/8501/macam-macam-browser-internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar