Minggu, 06 Januari 2013

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 4 (Bag. 2)


REVIEW 9

MEMBANGUN EKONOMI MELALUI PEMBERDAYAAN KOPERASI

OLEH:
Amirudin Idris
Dosen Universitas Al-Muslim

DINAMIKA Vol. VI No.2 2008 Edisi Mei - Agustus 2008
http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/6208289299.pdf

PEMBAHASAN
            Mengkaji kisah sukses dari berbagai koperasi, terutama koperasi di Indonesia, dapat disarikan beberapa faktor yang penting dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi, antara lain:
a.      Pemahaman pengurus dan anggota akan jati diri koperasi yang antara lain dicitrakan oleh pengetahuan mereka terhadap ‘tiga serangkai’ koperasi, yaitu pengertian koperasi, nilai-nilai koperasi dan prinsip-prinsip koperasi. Pemahaman akan jati diri koperasi merupakan entry point dan sekaligus juga crucial point dalam mengimplementasikan jati diri tersebut pada segala aktifitas.
b.   Dalam menjalankan usahanya, pengurus koperasi harus mampu mengidentifikasi kebutuhan kolektif anggotanya dan memenuhi kebutuhan tersebut. Proses untuk menemukan kebutuhan kolektif anggota sifatnya kondisional dan lokal spesifik. Dengan mempertimbangkan aspirasi anggota-anggotanya, sangat dimungkinkan kebutuhan kolektif setiap koperasi berbeda-beda.
c.    Kesungguhan kerja pengurus dan karyawan dalam mengelola koperasi. Disamping kerja keras, figur pengurus koperasi hendaknya dipilih orang yang amanah, jujur serta transparan.
d.        Kegiatan koperasi bersinergi dengan aktifitas usaha anggotanya.
e.        Adanya efektifitas biaya transaksiantara koperasi dengan anggotanya sehingga biaya tersebut lebih kecil jika dibandingkan biaya transaksi yang dibebankan oleh lembaga non-koperasi.

PENUTUP
            Untuk memajukan perekonomian perlu dilakukan pemberdayaan koperasi sehingga koperasi bukan hanya berperan sebagai lembaga yang menjalankan usaha saja, namun koperasi bisa menjadi alternatif kegiatan ekonomi yang mampu menyejahterakan anggota serta sekaligus berfungsi sebagai kekuatan pengimbang dalam sistem perekonomian. Dengan kata lain, kita mengharapkan tumbuh berkembangnya koperasi yang memiliki competitive advantage dan bargaining position yang setara dengan pelaku ekonomi lainnya.
            Upaya untuk lebih memberdayakan koperasi diawali dengan mengembalikan  koperasi sesuai dengan jati dirinya. Selain itu diperlukan upaya serius untuk mendiseminasikan dan mensosialisakan koperasi dalam format gerakan nasional berkoperasi secara berkesinambungan kepada warga masyarakat, baik melalui media pendidikan, media masa, maupun media yang lainnya. Semoga koperasi sebagai salah satu representasi dari ekonomi kerakyatan yang bersendikan  demokrasi ekonomi dapat tumbuh, berkembang dan berdaya guna serta mampu menjadi salah satu pilar penting perekonomian bangsa.


Nama               : Sofiyasmin Ramadani
NPM/Kelas     : 26211846/2EB10
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar