Sabtu, 05 Januari 2013

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 3 (Bag. 3)


REVIEW 7

PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, DAN DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI KOPERASI WANITA DI KOTA MALANG TAHUN 2010

OLEH:
Ratna Dwi Imawati
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
Yuli Soesetio
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
Fadia Zen
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

JESP Vol. 4, No. 1, 2012
http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/JESP-Edisi-4-Vol-1-Tahun-2012.pdf

KESIMPULAN

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Kondisi current ratio, total asset trunover, debt to asset ratio dan rentabilitas ekonomi Koperasi Wanita di Kota Malang tahun 2010, yaitu tingkat current ratio cenderung dalam klasifikasi tidak efektif. Tingkat total asset turnover cenderung dalam klasifikasi tidak ideal. Tingkat debt to asset ratio cenderung dalam klasifikasi sangat ideal dan tingkat rentabilitas ekonomi Koperasi Wanita di Kota Malang tahun 2010 cenderung dalam klasifikasi sangat efektif.
Variabel current ratio tidak berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Wanita di Kota Malang tahun 2010. Variabel total asset turnover berpengaruh positif terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Wanita di Kota Malang tahun 2010 dan Variabel debt to asset ratio berpengaruh negatif terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Wanita di Kota Malang tahun 2010.

SARAN
Bagi Dinas Koperasi, dalam upaya peningkatan kinerja koperasi, perlu mengadakan penyuluhan secara rutin kepada koperasi wanita tentang pentingnya faktor keuangan yaitu mencakup rasio likuiditas, aktivitas, dan leverage yang berperan strategis bagi profitabilitas atau rentabilitas koperasi yang optimal serta pelaporan pertanggungjawaban sesuai SAK yang berlaku di Indonesia terlebih umur rata-rata kopwan masih 1 tahun dan lebih meningkatkan pemanfataan koperasi sekunder agar dapat mendukung keberadaan koperasi wanita (Kopwan). Bagi Koperasi Wanita, dalam upaya memajukan kesejahteraan anggota anggotanya, penting bagi koperasi dalam memperhatikan setiap kebijakan-kebijakan yang dilakukan dalam pencapaian kinerja yang baik dan efisien. Bagi Koperasi Wanita di Kota Malang hendaknya lebih memperhatikan lagi dalam pengelolaan terhadap asset-asset yang dimiliki, karena dengan tingginya jumlah asset yang dimiliki tidak selalu memberikan sisa hasil yang tinggi pula bagi koperasi jika tanpa diimbangi dengan cara pengelolaan yang tepat. Apabila kinerja perusahaan sudah mulai menurun, hendaknya perusahaan lebih cermat menganalisis faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan kinerja tersebut menjadi menurun karena hal tersebut akan berdampak pula pada kesejahteraan para anggotanya. Bagi peneliti selanjutnya, selain kinerja koperasi diukur berdasarkan rasio keuangan masih ada faktor lain di luar variabel penelitian yang berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Oleh karena itu disarankan untuk mengembangkan pengaruhpengaruh lain yang mempengaruhi rentabilitas ekonomi atau dengan menambah besar sampel dan mencoba pada kelompok koperasi lain serta periode waktu yang lebih panjang sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal.


Nama               : Sofiyasmin Ramadani
NPM/Kelas     : 26211846/2EB10
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar